Rici

All about knowledge, gadget info review .. and my valuable news :)

Images to text ?

Posted by rici on Wednesday, March 21, 2007

Sudah lama juga tidak memposting, begitu banyak juga event2 yang terlewatkan selama ini🙂 ..mulai dari kerjaan kantor saya yang makin lama menantang hidup saja sampai dengan tugas-tugas dari kampus yang juga tidak kalah serunya :-p

Kali ini saya coba sharing mengenai salah satu aktivitas yang akhir-akhir ini kerap kali saya lakukan terutama dalam membantu tugas-tugas kampus saya. Bagi sebagian orang mungkin sudah sering dan biasa dengan teknik ini, tetapi dikarenakan ini hampir menjadi rutinitas saya maka oleh karena itu tidak ada salahnya saya coba share disini🙂

Howto ?

“Images to Text” yang dimaksud disini adalah convert file image kita, dimana image yang saya maksud disini adalah seperti isi buku kita berupa image file, hasil scan surat-surat kita yang berupa image file, hasil foto jepretan digicam / kamera pada hp kita terhadap suatu tulisan-tulisan yang kita ambil. Adanya tulisan-tulisan yang panjang tentunya dengan cara memfoto lebih memudahkan kita didalam mendokumentasikannya, setelah gambar kita dapatkan maka sekarang tinggal kita lakukan convert menjadi akhirnya berupa tulisan lagi ( *.txt ).

Berikut salah satu cara yang bisa digunakan ( tentunya yang sering saya gunakan ) :

  • Menyiapkan image filenya ( berisi tulisan-tulisan ) .
  • Untuk membuat image file kita tersebut lebih sharp dan kemungkinan bisa membantu pada saat proses convert nanti, kita bisa gunakan free service dari qipit.com. Dari website ini kita upload image file kita dan hasil dari service ini akan kita download nantinya.
  • Seterusnya kita bisa gunakan software convertnya yaitu yang saya gunakan SimpleOCR. Dari hasil software ini nantinya akan kita dapatkan file text hasil convert dari image file yang awalnya kita miliki.

Sebenarnya kita bisa langsung menggunakan SimpleOCR tanpa harus menggunakan freeservice qipit, namun biasanya image file kita akan lebih mudah dibaca dan membantu proses convert nya.

Hasil dari convert ini tidak 100% dapat menghasilkan sesuai dengan tulisan-tulisan yang ada pada image file kita karena tergantung kualitas dari gambar & tata cara pada saat pengambilan gambar.

Semoga berguna🙂

Related links :

Qipit.com || Simple OCR

Blog Advertising

One Response to “Images to text ?”

  1. dickypratama said

    oyah..kalo tulisan rusia gimana? bisa ga? kemaren gw usa coba pake edit kaya gitu tapi huruf rusianya ga bisa di edit, to jepang gimana?

Leave a Reply

 
