Rici

All about knowledge, gadget info review .. and my valuable news :)

The Scholar Indonesia

Posted by rici on Tuesday, October 3, 2006

Hari minggu kemarin sempat nonton The Scholar Indonesia, acara ini sudah ditayangkan tanggal 1 Oktober 2006 kemarin di Metro TV jam 19.00 WIB, meneruskan acara The Scholar Amerika yang sebelumnya ditayangkan pada jam yang sama di MetroTV ( lihat posting saya sebelumnya ).

Beasiswa di The Scholar Indonesia sendiri yang diperebutkan adalah beasiswa S2 Magister Manajemen (MM) di Universitas Indonesia (UI). Setahu saya untuk biaya S2 di program ini ( reguler ) per tahun ajaran 2006/2007 sekitar per semesternya 16 juta rupiah plus biaya pembangunan dll di semester awalnya itu sekitar 4 jutaan kalo tidak salah.

Melihat konsep acara ini kurang lebih sama dengan The Scholar Amerika, yang menjadi perbedaan adalah :

  • Kontestan pada The Scholar Amerika disaring & diambil dari anak-anak lulusan SMA serta mempunyai latar belakang ekonomi yang lemah, sedangkan pada The Scholar Indonesia diambil dari kontestan lulusan S1 ( usia 24-35 tahun plus IPK 3.0 ).
  • Beasiswa yang diperebutkan adalah untuk bersekolah S2, dan dimana hanya MM UI sebagai universitas tujuan dari beasiswa yang diperebutkan para kontestan, Sedangkan pada versi The Scholar versi Amerika, beasiswa yang diperebutkan adalah untuk sekolah S1 dengan universitas dimana saja yang diinginkan kontestan.

Untuk komposisi panitia The Scholar Indonesia sendiri yaitu Djafar H. Assegaff ( Wakil Pimpinan Umum Harian Media Indonesia ) dan 2 orang perwakilan dari UI yaitu Firmanzah dan Irwan Adi Ekaputra.Serta pembawa acara / host dari acara ini sendiri juga dihadirkan dari UI yaitu Rhenald Kasali.

Pada saat saya melihat dari situs MetroTV mengenai The Scholar Indonesia, informasi yang ditampilkan sepertinya terlihat masih minim dan dengan mencoba klik masing-masing informasi CV peserta disitu ( berupa file PDF ) terlihat format CV masih kurang seragam sesama peserta alhasil terlihat content CV masing-masing peserta kurang “berimbang”.

Mungkin setidaknya bisa dibuatkan juga website khusus acara ini agar lebih menambah informasi-informasi terkait didalamnya seperti acara Apprentice yang dahulu juga pernah ditayangkan di Indonesia.

Informasi lainnya mengenai The Scholar Indonesia dapat diakses di blog para kontestan The Scholar Indonesia , thanks untuk Lydia & Ayu selaku peserta acara ini untuk informasi linknya.

Rici

Blog Advertising

14 Responses to “The Scholar Indonesia”

  1. ayu said

    halo rici, thanks atas article blog ini. kebetulan kami yg terlibat dalam the scholar indonesia juga ingin mengetahui respon pengamat. jika rici tertarik, blog harian the scholar indonesia bisa dikunjungi di http://thescholarindonesia.blogspot.com. cheers!

  2. Lydia said

    Hi rici.. thanx atas ketertarikannya dengan the scholar indonesia. Memang saya akui web the scholar indonesia yang di metro tv, terlalu plain. oleh karena itu, kami para kandidat juga telah membuat blog dimana kami menceritakan perasaan kami setiap episodenya. Blog itu bisa dikunjungi seperti yang telah ayu sampaikan.
    we are looking forward for ur feedback and comment.
    thank u & keep on watching rici!

  3. rici said

    Hi Lydia & Ayu,

    Selamat berjuang ok & coba kompak2 ya sesama pesertanya🙂 !

    Thanks atas komentarnya & link blog scholar Indonesia nya, untuk link blog tsb juga sudah saya tambahkan di posting saya diatas😉

  4. Ok Man

  5. iRHoTeP said

    gw kebetulan sering terjebak di depan layar TV dan menonton yet-another-adaption macam the Scholar Indonesia. Bukan itu masalahnya sih,

    gw pengen komentar mengenai peserta cowok yang putih pake kacamata (maaf bang, aing lupa namanya). yang gw inget baek-baek tuh yang pas episode nyari mahasiswa baru/maba UI berjaket kuning di daerah Salemba 4 (sebagai civitas UI Salemba, andai lu pada ketemu gw waktu itu, kurang dari 3 menit lo pada udah meet the requiRement, sisanya tinggal nonkrong di kantin Prima).

    si mas kacamata berkulit putih itu, berlaku tipikal mahasiswa UI yang senang senggol kiRi kanan demi mencapai tujuan. memang tipikal sih, tapi akan sangat disayangkan yang seperti itu kembali diRefleksikan di layar TV sebagai unjuk contoh attitude mahasiswa dan sarjana, the so-called agent of change.

    Sesungguhnya sarjana yang kurang beretika & berempati macam begini tidaklah representatif, malah memalukan bagi bangsa, dan andaikata gw juri daripada acara ini, saat itu si mas ini udah gw keluarkan, biar dia cari sekolahan S2 yang mahasiswanya mental kanibal semua.

    Demikian, maaf kalo ada salah kata.

    ‘iR’
    http://www.fkui02.net/BIAWAK/

  6. ay-ay said

    jujur aja, ngiri banget rasanya ngeliat temen2 bisa dapettin beasiswa s-2 dari MM FEUI. Kalau aja, ada the scholar Indonesia berikutnya, saya mau ikut donk..boleh ya ?…Ntar please dikabarrin gimana cara ikutannya…FYI, saya berlokasi di Medan, thx ya..sukses juga buat ayu, lidya, robby, indra, mamat, uchi dll…seneng deh ngeliat perjuangannnya di tv…:)

  7. Mamat The Scholar said

    Udah lama ya The Scholar usai, saya baru menulis di Blog ini. Hehe

    Saya Mamat, terima kasih atas dukungan semuanya.

    Saksikan The Scholar 2 berikutnya!

    Mamat

  8. rici said

    Hi Mamat,

    Selamat ya atas kemenangannya dalam mendapatkan beasiswa di the Scholar..

    Yupe mudah2an The Scholar 2 bisa lebih seru & pilihan untuk mendapatkan beasiswanya bisa lebih banyak lagi pilihan universitasnya🙂

    Thanks,
    Rici

  9. rina_rahma said

    hii..
    saya tertarik sekali dengan acara itu, meski saya belum pernah nonton secara online or langsung di metro tv.menurut saya, bagaimana if acara itu di prasaratkan untuk golongan s1 yng berkenan untuk melanjutkan pendidikan mereka ke prodi s2! trus di sini juga di cantumkan biaya?bukankah seharusnya tidak!coz katanya beasiswa? makasih ya?? sory jika da kata yang salah!!?.

  10. L15N4 said

    Hi Rici…
    Koq pd gk da coment sih al The Scholar Indonesia yg S1 ni?????
    N kira2 tantangan tuk mrka pa2 ja ya?????
    Jd gk sbran ni nggu ari Sabtu na… Hehehe…..
    Oya, Liz mo expose nmr hp bleh gk??? Bleh lah??? Gk djwb artina bleh!!!
    Key, Liz mo nmbh2 tmn ni… 0813-99-670-160 … yg mo knlan, silakan…..
    Liz dr Pekanbaru, asli Melayu Riau lah bo’… n lhir taun 1987 gt deh…
    Dah tu ja koq… Liz mo cabut dlu ya….
    Tha……….. tha………..

  11. Euthalia said

    Hmm..

    The Scholar 2 udah tayang…
    gA banyak berberda dengan TS tahun lalu..

    Hanya saja… kita lebih hijau daripada yang tahun lalu.
    Hahahaha..

    Dimana kontestannya masih lugu-lugu, lucu-lucu, DAN imut-imut..

    Semoga para finalis TS 06 dan TS 07 bisa bertemu dan menjalin persahabatan yang baik.. sehingga kedepannya saling menguntungkan, khususnya dalam dunia bisnis Internasional..

    Love,,

    Thalia TS 07

  12. Euthalia said

    Oya, untuk kakak-kakak yang mau lihat Ke”gilaan” adik-adik The Scholar 2007 .. check ajah ke http://www.friendster.com/thescholarindonesia2007

    Ga pake extension koq.. hehehe.

    Oya, ntAr CPnya Euthalia aja yah…

    XOXO

  13. Vinxen said

    Alo, neh gue Vinxen, kandidat The Scholar Indonesia 2007 yang buat S1. Hehehe, udah hampir selese neh TSI 2007, koq komennya kurang ya? Hahaha, oh ya buat senior2 kita di TSI 06, salam kenal yah!!! hehehe, email g dunk di vinxen@yahoo.com
    God bless

  14. May-Lee said

    TS tu keren abizzz….
    apalagi peserta2nya,
    hehe,
    q kagum banget ma kemampuan2 mereka.
    mereka tu cemerlang2,
    anak emas bangsa banget d!
    q mau knal lbih jauh dunk ma anak TS,
    email yowh ke birrellism_brain_burn@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: